Pasar Persaingan Sempurna
1.Definisi
Pasar persaingan sempurna adalah suatu keadaan di mana penjual dan pembeli tidak dapat mempengaruhi harga,sehingga di pasar benar-benar merupakan hasil interaksi antara permintaan dan penawaran.
2.Ciri-ciri
a.pada pasar persaingan sempurna terdapat banyak pembeli,namun mereka tidak mampu memengaruhi harga.
b.Dalam pasar persaingan sempurna terdapat banyak penjual.
c.Barang dan jasa yang dijual bersifat homogen dan tidak dapat dibedakan.
d.Adanya kebebasan untuk masuk dan keluar dari pasar persaingan sempurna.
e.Setiap pihak dapat mengetahui keadaan pasar dengan mudah (Perfect Information).
f.Adanya kebebasan untuk mengambil keputusan.
3.Laba maksimum dalam pasar persaingan sempurna
* titik pulang pokok adalah keadaan ketika total penerimaan sama dengan total biaya yang dikeluarkan.
a.Penerimaan total (total revenue)
Definisi
Penerimaan tota(total revenue-TR) didefiisikan sebagai pendapatan yang diperoleh dari hasil penjualan produk.
Rumus:
TR = PxQ Keterangan:
TR = Total Revenue(Penerimaan total)
P = Price-Tiker(harga)
Q = Quantity(jumlah)
Kurva:
R
TR
b.Penerimaan Rata-rata(Average Revenue-AR)
Definisi
Pasar Rata-rata adalah (Average revenue)didefinisik an sebagai penerimaan total per unit yang diproduksi.
Rumus:
AR =TR/Q=P keterangan:
AR = Average revenue (Penerimaan rata-rata)
TR = Total revenue (penerimaan total)
Q = Quantity (jumlah)
P = Price-tiker (harga)
c.Penerimaan marjinal (Marginal Revenue)
Definisi
Penerimaan marginal (marginal revenue-TR)didefinisikan sebagai tambahan yang diperoleh sebagai hasil dari penjualan satu unit produk lagi.
Rumus:
MR =TRn –TRn-1
Kurva:
P = AR = MR
Output
d.Biaya marjinal (Marginal cost-MC)
Definisi
Biaya marjinal didefinisikan sebagai tambahan biaya yang harus dikeluarkan sebagai akibatdari memproduksi satu unit tambahan.
Rumus : MC =TCn- TCn-1
e.Biaya total rata-rata (average total cost-ATC)
Definisi
Sebagai biaya total yang harus dikeluarkan untuk setia unit produksi
Rumus:ATC = TC/Q
Keterangan: ATC = Averae total cost
TC = Total cost
4.Peran pasar persaingan sempurna bagi masyarakat
*Mendidik masyarakat melakukan proses produksi secara efesien,sehingga produkb yang sampai ke masyarakat adalah produk dengan mutu terbaik dan harga murah.
5.Kelebihan
-Penjual dan pembeli mencapai kepuasan maksimal (harga terbentuk dari tawar menewar )
-Harga barang adalah yang termurah (jika harga tinggi maka pembeli akan mencari penjual lain yang menjual barang dengan harga lebih murah
-Penjual bebas membuka maupun menutup usahanya
-Barang yang tersedia banyak,sehingga pembeli bebas menentukan pilihan terhadap barang
6.Kelemahan
-Keterbatasan konsumen karena barang yang dijual homogen akan menyebabkan cepat bosan
-Produsen tidak dapat menentukan harga karena harga terbentuk oleh interaksi permintaan dan penawaran harga di pasar
-Lambatnya pengembangan teknologi karena tidak dapat membiayai penelitian dan riset yang disebabkan keuntungan .
Tidak ada komentar:
Posting Komentar